tag:blogger.com,1999:blog-79632292287067174122024-03-20T15:52:21.701-07:00welcome to chemistrySelamat datang di blog saya... Blog ini berisi tentang dunia pendidikan dan pembelajaran kimia pada khususnya. Semoga dapat bermanfaat bagi semua yang membacanya, terima kasih...Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.comBlogger6125tag:blogger.com,1999:blog-7963229228706717412.post-27707739017921291772012-01-20T06:59:00.000-08:002012-01-20T06:59:11.506-08:00unsur transisi<div id="__ss_11176104" style="width: 425px;"><b style="display: block; margin: 12px 0 4px;"><a href="http://www.slideshare.net/elly2011/unsur-transisi" title="Unsur transisi">Unsur transisi</a></b><object height="355" id="__sse11176104" width="425"><param name="movie" value="http://static.slidesharecdn.com/swf/ssplayer2.swf?doc=unsurtransisi-120120084727-phpapp02&stripped_title=unsur-transisi&userName=elly2011" /><param name="allowFullScreen" value="true"/><param name="allowScriptAccess" value="always"/><param name="wmode" value="transparent"/><embed name="__sse11176104" src="http://static.slidesharecdn.com/swf/ssplayer2.swf?doc=unsurtransisi-120120084727-phpapp02&stripped_title=unsur-transisi&userName=elly2011" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" wmode="transparent" width="425" height="355"></embed></object><br />
<div style="padding: 5px 0 12px;">View more <a href="http://www.slideshare.net/">presentations</a> from <a href="http://www.slideshare.net/elly2011">elly2011</a>.</div></div>Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7963229228706717412.post-74274675205004534442012-01-09T22:13:00.000-08:002012-01-09T22:13:00.804-08:00ppt kimia unsur<div style="width:425px" id="__ss_10929007"><strong style="display:block;margin:12px 0 4px"><a href="http://www.slideshare.net/elly2011/8407767-kimiaunsur2" title="8407767 kimia-unsur(2)" target="_blank">8407767 kimia-unsur(2)</a></strong> <iframe src="http://www.slideshare.net/slideshow/embed_code/10929007" width="425" height="355" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no"></iframe> <div style="padding:5px 0 12px">View more <a href="http://www.slideshare.net/" target="_blank">presentations</a> from <a href="http://www.slideshare.net/elly2011" target="_blank">elly2011</a> </div></div>Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7963229228706717412.post-774808078171388562012-01-08T12:20:00.000-08:002012-01-09T19:34:06.327-08:00Teknologi Pendidikan<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">C. Pengertian Information and Communication Technology (ICT)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Teknologi komputer dapat berfungsi sebagai teknologi informasi maupun sebagai teknologi komunikasi. Seorang guru dalam konteks ini sejatinya menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Istilah Information and Communication Technology (ICT) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Istilah TIK dalam makalah ini bukan TIK sebagai Mata Pelajaran, melainkan sebagai segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Dalam konteks ini, TIK sebagai information and communication technology based learning dan multimedia learning.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;"></span><br />
<a name='more'></a><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">\Secara akademis, pengertian teknologi informasi dapat dibedakan dengan teknologi komunikasi, meskipun pada prakteknya teknologi informasi dan komunikasi ibarat dua sisi mata uang. Teknologi informasi memiliki pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pengunaan komputer sebagai alat bantu, manipulasi dan pengolahan informasi. Sementara teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya. Dalam konteks pembelajaran, ICT meliputi segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan komputer untuk mengolah informasi dan sebagai alat bantu pembelajaran serta sebagai sumber informasi bagi guru dan siswa.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">D<a href="http://www.blogger.com/goog_895245743">. Pemanfaatan Microsoft Office dalam Kegiatan Pembelajaran</a></span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">1. Microsoft Word</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Seorang guru yang menguasai teknologi informasi adalah guru yang dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, analisis hasil belajar maupun kegiatan remedial dan enrichment telah memanfaatkan komputer secara optimal. Dokumen administrasi guru semuanya tersimpan secara digital dan setiap saat dapat diakses dan diperbaharui sesuai dengan kebutuhan.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Perencanaan pembelajaran yang dirancang guru mulai dari progam tahunan sampai rencana persiapan pembelajaran dibuat dan disimpan secara digital dalam bentuk file-file dalam program aplikasi microsoft word. Manfaat yang diperoleh guru dari pemanfaatan aplikasi wicrosoft word dalam pembuatan perencanaan pembelajaran sangat banyak, diantaranya; pertama, guru dapat memiliki back-up data yang lengkap dan setiap saat dokumen perencanaan pembelajaran dapat direvisi dan di-up-date sesuai kebutuhan. Kedua, guru dapat mem-print-out dokumen tersebut untuk kepentingan pembelajaran dan supervisi dan dapat dengan seketika melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap dokumen tersebut. Hal ini sangat membantu guru dalam efisiensi waktu, tenaga dan pikiran. Ketiga, soal-soal ulangan blok maupun harian serta bank soal dapat terdokumentasikan dengan rapih dan dapat diakses kembali untuk kepentingan assessment berikutnya. Keempat, guru mendapatkan kemudahan dalam menyiapkan dokumen pembelajaran dan penilaian karena tidak harus memulai dari nol setiap kali harus membuat dokumen pembelajaran seperti ketika semua administrasi guru dan dokumen pembelajaran masih dibuat secara manual dan konvensional. Selama ini, persoalan yang selalu dihadapi guru ketika menghadapi suvervisi adalah tidak siapnya dokumen administrasi pembelajaran karena faktor waktu yang tersedia untuk mempersiapkan dokumen tersebut tersita oleh kegiatan pokok. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, persoalan waktu dan kesulitan teknis dapat dipangkas sehingga penyusunan dokumentasi administrasi pembelajaran dan dokumentasi soal-soal menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Dokumen administrasi guru yang dapat dibuat dalam format microsoft word diantaranya adalah program tahunan, program semester, silabus, analisis SK dan KD, rencana persiapan pembelajaran, soal-soal ulangan blok dan harian dan dokumen lainnya yang membutuhkan software pengolah kata.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">2. Microsoft Powerpoint</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Microsoft Powerpoint merupakan aplikasi yang disiapkan oleh Microsoft Corporation untuk melakukan presentasi di depan publik yang terbatas. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur dan menu yang lengkap sehingga sebuah presentasi dapat dibuat semenarik dan seatraktif mungkin. Dalam prakteknya di kelas, pemanfaatan aplikasi powerpoint membutuhkan dukungan perangkat keras (hardware) yaitu satu unit komputer portable yaitu laptop dan in-focus yang berfungsi sebagai wide-screen Dengan tersedianya aplikasi ini di pasaran, guru dapat memanfaatkan aplikasi powerpoint untuk kepentingan presentasi di kelas.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Kegiatan pembelajaran akan sangat menarik dan menyenangkan di mata siswa, karena guru dalam presentasinya dapat menyisipkan suara tertentu atau bahkan lagu, gambar lucu ataupun animasi yang menarik sehingga siswa merasa senang dan tidak bosan di kelas. Dengan powerpoint telah terjadi revolusi cara mengajar guru, jika selama ini kelas dianggap siswa sebagai “penjara”, maka setelah guru menggunakan powerpoint, kelas berubah menjadi “kelas” yang menyenangkan di mana di dalamnya terjadi kegiatan pembelajaran.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Pemanfaatan aplikasi powerpoint sebagai technology based education dan multimedia learning secara bertahap sejatinya mulai diterapkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Powerpoint sebagai software presentasi ternyata sangat membantu guru dalam memancing minat dan motivasi siswa untuk belajar. Di samping itu, suasana kelas menjadi aktif dan siswa merasa senang dengan presentasi yang ditampilkan guru. Dengan powerpoint guru menjadi leluasa untuk berimprovisasi merencanakan pembelajaran yang atraktif karena fasilitas yang ada pada aplikasi powerpoint sangat lengkap untuk membuat presentasi yang tidak membosankan. Di samping itu, guru memiliki banyak pilihan menampilkan kegiatan pembelajaran sekreatif mungkin untuk kepentingan belajar siswa.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Di antara fitur yang tersedia dalam microsoft powerpoint yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat presentasi pembelajaran adalah:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">a) Variasi background;<br />
b) Variasi teks, warna dan grafik;<br />
c) Menggabungkan file;<br />
d) Hyperlink;<br />
e) Navigasi;<br />
f) Insert picture, video dan audio;<br />
g) Variasi animasi;<br />
h) Insert flash.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat presentasi pembelajaran dengan menggunakan microsoft powerpoint adalah:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">A. Aspek Pembelajaran:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">1. Substansi materi harus sesuai dengan konsep dan teori yang benar.<br />
2. Pemilihan topik harus sesuai dengan kurikulum.<br />
3. Adanya konsistensi antara materi dan tujuan pembelajaran.<br />
4. Aktualitas (sesuai dengan perkembangan mutakhir).<br />
5. Adanya kejelasan pesan yang membantu mempermudah memahami konsep dan memperjelas pemahaman.<br />
6. Pemberian contoh untuk membantu penjelasan.<br />
7. Pemilihan KD yang divisualkan terutama yang bersipat verbal.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">B. Aspek Teknis:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">1. Suara (audio) digunakan untuk memperjelas konsep dan mencairkan suasana kelas.<br />
2. Tampilan layar presentasi seperti warna dan tata letak harus memperjelas ilustrasi.<br />
3. Teks harus memperhatikan jenis font, ukuran dan warna agar lebih mudah dibaca.<br />
4. Movie dan animasi untuk memperjelas pesan.<br />
5. Navigasi perlu memperhatikan penempatan navigasi dan bentuknya yang mudah menarik perhatian.<br />
6. Efisiensi dengan memperhatikan waktu, tenaga dan biaya.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">3. Microsoft Excel</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Tugas pokok guru yang tidak kalah penting dan rumit dari melaksanakan pembelajaran adalah melakukan penilaian (assessment) terhadap hasil belajar siswa dan melakukan analisis hasil belajar untuk mendapatkan umpan balik (feedback) sebagai bahan masukan bagi guru dan siswa dalam mengambil langkah selanjutnya apakah melakukan remedial atau pengayaan (enrichment).</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Ketika komputer belum merambah ke sekolah-sekolah, kegiatan penilaian dan analisis hasil belajar dilakukan secara manual dan paper oriented. Kegiatan penilaian dan analisis hasil belajar terasa begitu rumit dan menjemukan. Untuk menganalisis siswa satu kelas saja yang berjumlah 40 siswa, tidak dapat selesai dalam satu hari dengan menggunakan kalkulator.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Namun dengan memanfaatkan aplikasi microsoft excel guru dapat mengolah nilai siswa dan menganalisis tingkat kesukaran soal sekaligus dalam waktu singkat, sehingga diperoleh data berapa siswa yang perlu pengayaan dan berapa siswa yang perlu remedial serta soal mana saja yang termasuk kategori mudah, sedang maupun sukar dan soal mana saja yang ditolak, perlu direvisi maupun diterima untuk dikoleksi dan disimpan di bank soal. Di samping itu, guru juga dapat membuat raport sementara secara otomatis menggunakan rumus sebagai laporan hasil belajar siswa.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Semua pekerjaan tersebut jika sebelumnya membutuhkan waktu berhari-hari, maka setelah memanfaatkan teknologi informasi, semua pekerjaan itu dapat selesai hanya dalam waktu beberapa jam saja. Guru hanya perlu meng-entry-kan data yang ada dan selebihnya dikerjakan oleh komputer.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Misalnya ketika penulis akan memeriksa hasil ulangan blok dalam bentuk pilihan ganda atau pun uraian, maka penulis tinggal meng-entry-kan jawaban siswa dan skornya, maka secara otomatis diperoleh data nilai siswa, nama siswa yang tuntas dan tidak tuntas, jumlah siswa yang tuntas dan tidak tuntas, tingkat kesukaran soal mana yang mudah, sedang dan sukar serta data tentang mana soal yang ditolak, perlu direvisi dan nomor berapa soal yang diterima. Di samping itu, data yang diperoleh langsung masuk ke dalam lembar Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) secara otomatis, sehingga guru tinggal mem-print-out LHBS tersebut untuk dikirim kepada orang tua.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Dengan memanfaaatkkan microsoft office, seluruh dokumen pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan analisis hasil belajar serta data tentang perkembangan siswa dan nilai siswa semuanya didokumentasikan dengan rapih dan dapat diakses kapanpun. Guru akan terhindar dari masalah pengarsipan dokumen di kantor maupun di rumah karena semua dokumen tersebut telah dsimpan secara digital. Print-out dokumen dapat dipersiapkan untuk kepentingan pembelajaran dan supervisi tanpa harus merasa khawatir hilang atau rusak karena guru memiliki back-up data di komputer.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">E. Internet dan Bahan Ajar Berbasis ICT</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Salah satu kendala yang dihadapi guru di lapangan ketika membuat persiapan pembelajaran adalah terbatasnya buku sumber materi pembelajaran. Keberadaan perpustakaan di sekolah pun tidak dapat menjawab permasalahan kurangnya sumber belajar. Keterbatasan anggaran yang ada di sekolah semakin melengkapi alasan kurangnya ketesediaan sumber bahan ajar.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat dewasa ini telah memberikan alternatif pemecahan masalah bagi guru dalam mengatasi kesulitan sumber bahan ajar. Internet menyediakan solusi bagi guru dalam membuat persiapan pembelajaran yang berbasis ICT. Guru tinggal mengakses dan berselancar di internet untuk mencari dan menemukan materi yang dibutuhkan sebagai bahan ajar di kelas.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Interconnected Network atau lebih populer dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet dapat memberikan informasi yang mendidik, positif dan bermanfaat bagi manusia, namun juga dapat dijadikan lahan kejelekan dan kemaksiatan. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masing lah yang menentukan batas-batasnya.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Dengan adanya internet sejatinya persoalan kurangnya sumber bahan ajar tidak menjadi persoalan lagi bagi guru, karena internet sendiri adalah lautan informasi di belantara dunia maya. Apapun dapat diakses oleh guru asalkan tahu caranya. Internet adalah pintu gerbang informasi yang terbuka sehingga siapapun dapat mengakses, termasuk siswa. Saat ini, sulit sekali ditemukan siswa yang tidak mengenal dan akrab dengan internet terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Internet telah merubah pola-pola komunikasi, pola sosial dan tatanan nilai yang selama ini telah mapan di masyarakat, bahkan secara ekstrim telah menafikan batas-batas teritorial antar negara. Informasi bukan lagi milik mereka yang pintar, melainkan milik mereka yang memiliki akses ke media informasi. Jika selama ini guru dipandang sebagai pigur yang serba tahu dan pemegang otoritas tunggal di kelas, maka seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, anggapan tersebut dapat dikoreksi, apalagi jika guru tersebut buta internet. Di jaman sekarang, seorang siswa sah-sah saja lebih pintar dari gurunya karena siswa tersebut sering mengakses internet dan membaca buku ketimbang gurunya.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Namun demikian, saat ini kesadaran akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bagi kepentingan dunia pendidikan sudah merasuki semua stockholder pendidikan. Ketika guru mengajar di kelas multimedia, maka disamping menggunakan aplikasi powerpoint sebagai software presentasi, maka guru dapat meng-insert bahan ajar yang berbasis ICT ke dalam presentasi tersebut. Powerpoint dalam kaitannya dengan bahan ajar yang berbasis ICT tidak lebih hanya sebagai media yang menampilkan bahan ajar tersebut supaya lebih menarik. Sementara bahan ajar itu sendiri bersumber dari internet atau pun dibuat sendiri oleh guru dengan menggunakan software tertentu.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">F. Hardware and Software yang Mendukung</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Untuk dapat menampilkan berbagai bahan ajar berbasis ICT baik yang bersumber dari internet maupun hasil kreatifitas guru sendiri, terdapat beberapa fasilitas yang perlu dipersiapkan oleh pihak sekolah, yaitu:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">1) Hardware (perangkat keras)</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Perangkat keras yang minimal perlu dipersiapkan di sekolah yang mendukung pada kegiatan pembelajaran berbasis ICT adalah:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">a. Ruang multimedia<br />
b. Satu unit laptop dengan spesifikasi minimal:</span></a></div><ul type="disc"><li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Prosessor minimal Celeron.</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Memori minimal 512 MB</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Harddisk minimal 80 GB</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">DVD Writer</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Modem internal atau eksternal</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">VGA card minimal 64 MB</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Sound card</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">USB fort</span></a></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; tab-stops: list .5in;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Card reader dan webcam</span></a></li>
</ul><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">c. Satu set in-focus<br />
d. Satu unit printer<br />
e. Satu unit televisi berwarna minimal 21 inchi<br />
f. Satu unit DVD player<br />
g. Satu set sound system<br />
h. Line Telepon atau</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">i. Pemancar</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">2) Software (perangkat lunak)</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">a. Operating system Windows XP atau Linux<br />
b. Microsoft office (Word, Excel, Power point, Access)<br />
c. Java applet<br />
d. Shockwave player<br />
e. Macromedia Flash<br />
f. Quick Time Player<br />
g. Adobe Acrobat Reader<br />
h. Breeze</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">i. Search engine yang popular seperti Google dan Yahoo dan software untuk browsing internet yang popular seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari dan Opera.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Di samping perangkat keras (hardware) dan lunak (software) tersebut, juga tidak kalah penting adalah guru sebagai brainware yang akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Guru perlu menguasai dan mengerti perangkat keras dan perangkat lunak tersebut agar dapat membuat persiapan pembelajaran berbasis ICT.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Untuk berkomunikasi di internet dengan netter di belahan dunia lainnya dengan menggunakan e-mail, maka seorang guru perlu untuk memiliki account di internet dengan mendaftar di Yahoo. Adapun cara untuk mendaftar e-mail di Yahoo secara gratis dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">- Klik Browser Internet Explorer atau kalau ada Mozilla Firefox.<br />
- Ketik alamat yang diinginkan http://www.yahoo.com<br />
- Lalu klik Mail<br />
- Kemudian klik Sign Up Now<br />
- Setelah tampilan yang berikutnya terbuka, anda pilih yang Free atau gratis.<br />
- Setelah tampilan yang berikutnya terbuka, anda dapat mengisi formulir yang tersedia.<br />
- Kemudian setelah formulir terisi, kliklah Submit This Form.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Setelah memiliki account di Yahoo, maka seorang guru dapat membuka dan mengirim e-mail secara gratis. Adapun cara untuk membuka e-mail sebagai berikut:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">- Klik Browser Internet Explorer<br />
- Ketik alamat Yahoo http://www.yahoo.com<br />
- Masukan Yahoo ID dan Password lalu tekan Sign In<br />
- Setelah klik Check E-mail<br />
- Klik In-Box<br />
- Klik Subject E-mail yang ada di In-Box.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Jika ingin mengirim e-mail, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">- Klik Compose atau new<br />
- Isi kolom yang tersedia, yaitu:<br />
- To: alamat e-mail yang dituju.<br />
- Cc: alamat e-mail lain<br />
- Bcc: alamat e-mail lain lagi<br />
- Subject: hal surat/judul surat</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">G. Keuntungan dan Kelemahan Pemanfaatan ICT</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">1. Keuntungan bagi siswa:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">a) Interaksi siswa dengan guru melalui e-mail<br />
b) Interaksi siswa dengan siswa melalui milis<br />
c) Interaksi siswa dan siswa dengan guru bersama-sama<br />
d) Interaksi siswa dengan pelajaran<br />
e) Mendapat sumber belajar alternatif yang tersedia secara luas.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">2. Keuntungan bagi guru:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">a) Efisien dan efektif<br />
b) Memperkecil kesalahan persepsi<br />
c) Mengatasi masalah kekurangan alat<br />
d) Mengembangkan kompetensi guru di bidang ICT.<br />
e) Mengembangkan ICT dengan belajar mandiri, berinisiatif, kreatif dan inovatif.<br />
f) Berkomunikasi dengan sesama guru secara nasional maupun internasional<br />
g) Memperoleh materi ajar secara cepat dan murah berbasis ICT</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">3. Kelemahan pemanfaatan ICT:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">a) Penggunaan internet memerlukan infrastruktur yang memadai<br />
b) Penggunaan internet mahal<br />
c) Komunikasi melalui internet sering kali lamban.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">H. Tantangan yang dihadapi di lapangan</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">Terdapat beberapa tantangan yang menghadang ketika guru dituntut untuk memanfaatkan ICT dalam kegiatan pembelajaran. Tantangan tersebut bukan saja di tingkat guru, melainkan juga di sekolah, masyarakat dan pemerintah sendiri. Tantangan ini perlu dihadapi dan diatasi secara bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat. Di antara tantangan-tantangan tersebut adalah:</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">1. Terdapat kesenjangan infrastruktur antar daerah yang maju dan tertinggal. Di satu sisi terdapat daerah yang sekolahnya telah memiliki akses internet sementara di daerah lain terdapat sekolah yang belum masuk listrik.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">2. Terdapat kesenjangan kulitas guru baik antar sekolah maupun antar daerah. Tidak semua guru menguasai teknologi informasi dan komunikasi, sehingga sangat sulit untuk menuntut mereka menyelenggarakan pembelajaran berbasis ICT meskipun di sekolah mereka telah mengakses internet. Sementara di sisi lain terdapat guru yang cukup menguasai teknologi informasi dan komunikasi namun di sekolah mereka belum mengakses internet atau bahkan belum mempunyai komputer.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">3. Keterbatasan anggaran yang dimiliki sekolah dan pemerintah untuk melengkapi infrastruktur teknologi sehingga sangat sulit bagi sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berbasis ICT.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">4. Adanya resistensi dari kalangan masyarakat tertentu dengan dalih agama dan pelestarian nilai-nilai moralitas di masyarakat.</span></a></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto;"><a href="http://www.blogger.com/goog_895245743"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">5. Adanya sikap merasa puas dengan apa yang telah ada di kalangan sementara guru dan kemudian bersikap resisten terhadap perubahan.</span></a></div><div class="MsoNormal"><a href="http://kimialogy.blogspot.com/" target="_blank"> </a></div>Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7963229228706717412.post-18020731812864894802011-12-27T00:03:00.000-08:002011-12-27T00:03:26.516-08:00Sejarah Kimia<div style="color: black; text-align: justify;">Akar ilmu kimia dapat dilacak hingga fenomena <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Pembakaran" title="Pembakaran">pembakaran</a>. <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Api" title="Api">Api</a> merupakan kekuatan mistik yang mengubah suatu zat menjadi zat lain dan karenanya merupakan perhatian utama umat manusia. Adalah api yang menuntun manusia pada penemuan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Besi" title="Besi">besi</a> dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Gelas" title="Gelas">gelas</a>. Setelah <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Emas" title="Emas">emas</a> ditemukan dan menjadi logam berharga, banyak orang yang tertarik menemukan metode yang dapat mengubah zat lain menjadi emas. Hal ini menciptakan suatu <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Protosains" title="Protosains">protosains</a> yang disebut <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Alkimia" title="Alkimia">Alkimia</a>. Alkimia dipraktikkan oleh banyak kebudayaan sepanjang sejarah dan sering mengandung campuran <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat" title="Filsafat">filsafat</a>, <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Mistisisme" title="Mistisisme">mistisisme</a>, dan protosains.</div><a name='more'></a><br />
<div> </div><div style="color: black; text-align: justify;">Alkimiawan menemukan banyak <a class="mw-redirect" href="http://id.wikipedia.org/wiki/Proses_kimia" title="Proses kimia">proses kimia</a> yang menuntun pada pengembangan kimia modern. Seiring berjalannya sejarah, alkimiawan-alkimiawan terkemuka (terutama <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Musa_Jabir_bin_Hayyan" title="Abu Musa Jabir bin Hayyan">Abu Musa Jabir bin Hayyan</a> dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Paracelsus" title="Paracelsus">Paracelsus</a>) mengembangkan alkimia menjauh dari filsafat dan mistisisme dan mengembangkan pendekatan yang lebih sistematik dan ilmiah. Alkimiawan pertama yang dianggap menerapkan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Metode_ilmiah" title="Metode ilmiah">metode ilmiah</a> terhadap alkimia dan membedakan kimia dan alkimia adalah <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Robert_Boyle" title="Robert Boyle">Robert Boyle</a> (1627–1691). Walaupun demikian, kimia seperti yang kita ketahui sekarang diciptakan oleh <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Antoine_Lavoisier" title="Antoine Lavoisier">Antoine Lavoisier</a> dengan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_kekekalan_massa" title="Hukum kekekalan massa">hukum kekekalan massanya</a><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Penemuan_unsur_kimia" title="Penemuan unsur kimia">Penemuan unsur kimia</a> memiliki sejarah yang panjang yang mencapai puncaknya dengan diciptakannya <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Tabel_periodik" title="Tabel periodik">tabel periodik</a> unsur kimia oleh <a class="mw-redirect" href="http://id.wikipedia.org/wiki/Dmitri_Mendeleyev" title="Dmitri Mendeleyev">Dmitri Mendeleyev</a> pada tahun 1869. pada tahun 1783. </div><div style="text-align: justify;"> </div><div style="color: black; text-align: justify;"><a class="mw-redirect" href="http://id.wikipedia.org/wiki/Penghargaan_Nobel_dalam_Kimia" title="Penghargaan Nobel dalam Kimia">Penghargaan Nobel dalam Kimia</a> yang diciptakan pada tahun 1901 memberikan gambaran bagus mengenai penemuan kimia selama 100 tahun terakhir. Pada bagian awal abad ke-20, sifat subatomik atom diungkapkan dan ilmu <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Mekanika_kuantum" title="Mekanika kuantum">mekanika kuantum</a> mulai menjelaskan sifat fisik ikatan kimia. Pada pertengahan abad ke-20, kimia telah berkembang sampai dapat memahami dan memprediksi aspek-aspek <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Biologi" title="Biologi">biologi</a> yang melebar ke bidang <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Biokimia" title="Biokimia">biokimia</a>.</div><div style="text-align: justify;"> </div><div style="color: black; text-align: justify;"><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kimia" title="Industri kimia">Industri kimia</a> mewakili suatu aktivitas ekonomi yang penting. Pada tahun 2004, produsen bahan kimia 50 teratas global memiliki penjualan mencapai 587 bilyun dolar AS dengan margin keuntungan 8,1% dan pengeluaran <a class="mw-redirect" href="http://id.wikipedia.org/wiki/Riset_dan_pengembangan" title="Riset dan pengembangan">riset dan pengembangan</a> 2,1% dari total penjualan <sup class="reference" id="cite_ref-1"><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia#cite_note-1">[2]</a></sup>.</div><div style="text-align: justify;"> </div><div style="text-align: justify;"> </div><div style="color: black; text-align: justify;">Kimia umumnya dibagi menjadi beberapa bidang utama. Terdapat pula beberapa cabang antar-bidang dan cabang-cabang yang lebih khusus dalam kimia.</div><div style="text-align: justify;"> </div><div style="color: black; text-align: justify;">Lima Cabang Utama:</div><div style="text-align: justify;"> </div><ul style="color: black; text-align: justify;"><li><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_analitik" title="Kimia analitik">Kimia analitik</a> adalah <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis" title="Analisis">analisis</a> cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang <a class="mw-redirect" href="http://id.wikipedia.org/wiki/Susunan_kimia" title="Susunan kimia">susunan kimia</a> dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur" title="Struktur">strukturnya</a>. Kimia analitik melibatkan metode eksperimen standar dalam kimia. Metode-metode ini dapat digunakan dalam semua subdisiplin lain dari kimia, kecuali untuk kimia teori murni.</li>
<li><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Biokimia" title="Biokimia">Biokimia</a> mempelajari <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Senyawa_kimia" title="Senyawa kimia">senyawa kimia</a>, <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Reaksi_kimia" title="Reaksi kimia">reaksi kimia</a>, dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi" title="Interaksi">interaksi</a> kimia yang terjadi dalam <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Organisme" title="Organisme">organisme</a><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_medisinal" title="Kimia medisinal">kimia medisinal</a> atau <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Neurokimia" title="Neurokimia">neurokimia</a>. Biokimia juga berhubungan dengan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Biologi_molekular" title="Biologi molekular">biologi molekular</a>, <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Fisiologi" title="Fisiologi">fisiologi</a>, dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Genetika" title="Genetika">genetika</a>. hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan sangat erat, seperti dalam </li>
<li><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_anorganik" title="Kimia anorganik">Kimia anorganik</a> mengkaji sifat-sifat dan reaksi <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Senyawa_anorganik" title="Senyawa anorganik">senyawa anorganik</a>. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidaklah mutlak dan banyak terdapat tumpang tindih, khususnya dalam bidang <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_organologam" title="Kimia organologam">kimia organologam</a>.</li>
<li><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_organik" title="Kimia organik">Kimia organik</a> mengkaji struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Reaksi_kimia" title="Reaksi kimia">reaksi</a> <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Senyawa_organik" title="Senyawa organik">senyawa organik</a>. Suatu senyawa organik didefinisikan sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.</li>
<li><a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_fisik" title="Kimia fisik">Kimia fisik</a> mengkaji dasar fisik sistem dan proses kimia, khususnya energitika dan dinamika sistem dan proses tersebut. Bidang-bidang penting dalam kajian ini di antaranya <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Termodinamika_kimia" title="Termodinamika kimia">termodinamika kimia</a>, <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kinetika_kimia" title="Kinetika kimia">kinetika kimia</a>, <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Elektrokimia" title="Elektrokimia">elektrokimia</a>, <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Mekanika_statistika" title="Mekanika statistika">mekanika statistika</a>, dan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Spektroskopi" title="Spektroskopi">spektroskopi</a>. Kimia fisik memiliki banyak tumpang tindih dengan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Fisika_molekular" title="Fisika molekular">fisika molekular</a>. Kimia fisik melibatkan penggunaan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kalkulus" title="Kalkulus">kalkulus</a> untuk menurunkan persamaan, dan biasanya berhubungan dengan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_kuantum" title="Kimia kuantum">kimia kuantum</a> serta kimia teori.</li>
</ul>Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7963229228706717412.post-48510062893473756012011-12-27T00:00:00.000-08:002012-01-09T19:36:12.643-08:005 Hukum Dasar Kimia<span class="hidenpost">1.Hukum kekekalan massa<br />
"massa zat sebelum reaksi sama dengan massa sesudah reaksi"</span><br />
<span class="hidenpost"></span><br />
<a name='more'></a><span class="hidenpost"><br />
<br />
2.Hukum proust<br />
"perbandingan massa unsur-unsur pembentuk senyawa selalu tetap,sekali pun dibuat dengan cara yg berbeda"<br />
<br />
3.Hukum Volume ( <a href="http://www.blogger.com/post-edit.g?blogID=7963229228706717412&postID=4851006289347375601&from=pencil" id="Y4052251S6" style="color: black;">gay</a> iussac )<br />
"Pada suhu dan tekanan yg sama,perbandingan volume gas bereaksi dengan volume gas hasil reaksi ,merupakan bilangan bulat dan sederhana ( sama dengan perbandingan koefisien reaksinya )<br />
<br />
4.hukum avogadro<br />
inti dari hukum ini :<br />
"pada suhu dan tekanan yg sama ,gas-gas yg volumenya sama mengadung jumlah mol yg sama"<br />
<br />
5.Hukum dalton<br />
"Jika 2 unsur dapat membentuk lebih dari 1 macam senyawa,maka unsur massa salah satu unsur yg bersenyawa dengan unsur yg lain,akan berbanding sebagai bilangan bulat"</span>Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7963229228706717412.post-63483670114074609902011-12-26T23:52:00.001-08:002011-12-26T23:52:32.680-08:00Selamat Datang<div style="text-align: justify;">Selamat datang di blog saya... Blog ini berisi tentang dunia pendidikan dan pembelajaran kimia pada khususnya. Semoga dapat bermanfaat bagi semua yang membacanya, terima kasih...</div>Ellyhttp://www.blogger.com/profile/07282113059241163798noreply@blogger.com0